cara menambahkan widget popular posts pada blog

Popular post atau posting terpopuler merupakan gadget yang menampilkan postingan atau artikel yang paling banyak dikunjungi dalam kurun waktu tertentu. Popular post mungkin perlu kita tambahkan dalam widget blog kita untuk mempermudah melihat artikel kita yang paling banyak dikunjungi.

Membuat atau menampilkan popular post bagi yang sudah bisa mungkin menjadi hal yang sangat mudah, namun bagi anda yang masih pemula mungkin akan kebingungan bagaimana cara menampilkan popular posting pada blog anda. Disini saya akan berbagi tutorial kepada anda untuk menambahkan widget popular posting didalam blog anda. Silahkan ikuti panduannya dibawah ini langkah-demi langkah. baca juga cara share otomatis posting ke google plus.

Pertama-tama anda harus Log in ke akun blogger anda

Selanjutnya silahkan klik menu "lay out" atau tata letak.




Setelah itu klik "add gadget"


Lalu muncul halaman seperti gambar dibawah dan scrol ke bawah hingga menemukan widget "popular post" dan klik menu tersebut.


Setelah itu akan muncul halaman seperti gambar dibawah dan isilah sesuai keinginan anda.
Pada bagian title silahkan masukkan judul sesuai keinginan anda, mau entri populer, popupar post, artikel terpopuler dan lain-lain.
Pada bagian Most viewed silahkan pilih "all time' jika ingin menampilkan posting yang paling banyak dikunjungi sepanjang waktu, "last 30 days" yaitu 30 hari terakhir dan "last 7 days" adalah 7 hari terakhir.
Pada bagian Show silahkan pilih tampilannya nanti mau ditampilkan dengan gambarnya silahkan centang "image thumbnail"nya. dan pada bagian display silahkan pilih berapa banyak yang ingin ditampilkan entri populernya, kalau saya pilih 5 saja.
Selanjutnya jangan lupa klik "save" jika sudah selesai.


Pada halaman Layout, entri populer anda sudah ditambahkan pada bagian side bar sebelah kiri seperti gambar dibawah dan anda dapat menggesernya sesuai dengan yang anda inginkan.
Selanjutnya jangan lupa klik "save arrangement" untukn menyimpan tata letaknya.
Jika ingin melihat hasilnya silahkan klik "view blog"


Gambar dibawah ini adalah contoh tampilan dari entri populernya blog saya.


Gimana, cukup mudah kan menambahkan widget populer post pada blog anda. Mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat dan jumpa lagi pada post selanjutnya cara memasukkan gambar atau foto pada postingan blog.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "cara menambahkan widget popular posts pada blog"